SEKRETARIAT

Sekretariat, membawahi 2 (dua) sub bagian yaitu :

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  2. Sub Bagian Perencanaan, Keuangan, Aset dan Akuntabilitas Kinerja

Sekretariat adalah unsur pembantu pimpinan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi pelaksana tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Dinas.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud diatas, Sekretariat mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Koordinasi penyusunan kebijakan, rencana, program, kegiatan, dan anggaran Dinas;
  2. Koordinasi dan pelaksanaan kerja sama di lingkungan Dinas;
  3. Koordinasi pengelolaan laporan kinerja dan keuangan di lingkungan Dinas;
  4. Koordinasi dan penyusunan bahan publikasi dan hubungan masyarakat di bidang perhubungan;
  5. Koordinasi pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang perhubungan;
  6. Penyusunan bahan rancangan peraturan perundang-undangan dan koordinasi bantuan hukum di lingkungan dinas;
  7. Pengelolaan kepegawaian di lingkungan Dinas;
  8. Pengelolaan data dan informasi di lingkungan Dinas;
  9. Pengelolaan barang milik daerah di lingkungan Dinas;
  10. Pelaksanaan urusan organisasi dan tatalaksana di lingkungan Dinas;
  11. Pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kerumahtanggaan di lingkungan Dinas; dan
  12. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Kepala Dinas.

Sekretaris mempunyai tugas sebagai berikut :

  1. Merencanakan operasional sekretariat Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau berdasarkan sasaran dan rencana kerja tahunan Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau yang telah ditetapkan sebagai pedoman untuk pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada para kasubbag dan bawahan yang dilakukan secara lisan dan tertulis agar tugas-tugas yang dilaksanakan dapat dipahami dengan benar;
  3. Memberi petunjuk kepada para kasubbag dan bawahan yang dilakukan secara lisan dan tertulis agar tugas-tugas yang dilaksanakan dapat dipahami dengan benar;
  4. Melakukan pengawasan kepada para kasubbag dan seluruh personil di sekretariat Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau dalam melaksanakan tugas baik secara preventif maupun represif untuk menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam melaksanakan tugas;
  5. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan ketentuan yang berlaku dengan melakukan pencatatan tentang hasil kerja bawahan sebagai dasar pembuatan DP3;
  6. Mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh subbag-subbag pada sekretariat dengan membandingkan antara hasil kerja yang dicapai dengan rencana yang telah ditetapkan untuk mengetahui tingkat kinerja yang dicapai;
  7. Mengarahkan penyelenggaraan tugas bawahan sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  8. Mengajukan saran dan pertimbangan kepada pimpinan yang dilakukan secara lisan dan tertulis melalui nota dinas dan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan bagi atasan dalam pengambilan keputusan;
  9. Melaksanakan sosialisasi, monitoring dan evaluasi peraturan serta kebijakan dibidang kepegawaian melalui pertemuan atau rapat berdasarkan peraturan yang berlaku dalam rangka pelaksanaan tugas rencana kerja;
  10. Melaksanakan koordinasi dengan para kabid pada lingkungan Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau sesuai tugas pokok setiap bidang agar pelaksanaan tugas berjalan dengan baik;
  11. Membuat laporan pelaksanaan tugas sekretariat Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau sesuai dengan petunjuk / pedoman sebagai pertanggung jawaban kepada atasan;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi sekretariat Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau yang diberikan pimpinan.

Dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi sebagaimana tersebut diatas, Sekretariat dibantu oleh:

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Sub Bagian Perencanaan, Keuangan, Aset dan Akuntabilitas Kinerja.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat di bidang administrasi umum dan kepegawaian yang meliputi administrasi umum, kepegawaian, kerjasama, pembinaan organisasi, tata laksana, kehumasan, keprotokolan, perjalaan dinas, koordinasi bantuan hukum, ketatausahaan, kerumahtanggaan;
  2. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Sekretaris maupun Kepala Dinas sesuai bidang tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Perencanaan, Keuangan, Aset, dan Akuntabilitas Kinerja, mempunyai tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat di bidang perencanaan, keuangan dan akuntabilitas kinerja meliputi penyusunan dokumen perencanaan strategis, perencanaan kinerja tahunan, perbendaharaan, verifikasi, pelaporan realisasi anggaran, pengelola aset, pemantauan dan evaluasi kinerja, pengelolaan data dan informasi, pertanggung jawaban dan pelaporan kinerja;
  2. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan Sekretaris dan Kepala Dinas sesuai bidang tugas dan fungsinya.
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau.