Plt Kadishub Sanggau, Ir.Yulia Theresia Menghadiri Peresmian Terminal Barang Internasional Entikong

Plt Kadishub Sanggau, Ir.Yulia Theresia Menghadiri Peresmian Terminal Barang Internasional Entikong

 

 

 

 

Plt.Kadishub Sanggau, Ir.Yulia Theresia (Pada Terminal Barang Internasional Entikong di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Senin (29/4/2019)) Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI, Budi Setiyadi meresmikan Terminal Barang Internasional Entikong di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Senin (29/4/2019) siang.Hadir juga Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar, H Manto, Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, Perwakilan dari Kodam XII/Tpr, jajaran OPD Sanggau, sejumlah Pejabat dilingkungan Kementrian Perhubungan RI, Instansi Vertikal di Entikong, Tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lainya. Peresmian ditandai dengan penekanan sirine oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI, Budi Setiyadi didampingi pejabat lainya. Kemudian penandatangani prasasti peresmian.

Dengan adanya dryport ini untuk memperlancar kegiatan ekspor impor bagi masyarakat di Kalbar. Dan diharapkan agar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. “Sementara ini yang sudah ada kebanyakan ikan dan hasil pertanian, sahang, kakao, dan kopra, ”ujarnya.Terkait infrastruktur jalan khusus untuk terminal internasional barang yang belum dibangun, Budi mengakui bahwa akan dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu. “Jalan khusus dari terminal sampai ke perbatasan sekitar 1 KM. Tahun 2019 ini mulai pembebasan lahan dulu, setelah itu pembangunan, ”ujranya.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIV Provinsi Kalbar, Dominggus menyampaikan, Terminal Barang Internasional ini dibangun diatas lahan seluas 3,7 hektare, dengan luas bangunan pengelola terminal sebesar 1.824 m2, luas gudang penimbunan sebesar 2.984 m2, luas lapangan penimbunan sebesar 4.125 m2, dengan total anggaran sebesar Rp 143,9 milyar.Untuk itulah, ia berharap dengan diresmikanya terminal barang internasional ini bisa membawa dampak peningkatan perekonomian masyarakat perbatasan dan Kalbar.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar, H Manto menyampaikan, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah pusat yang telah mewujudkan keinginan masyarakat Entikong dan masyarakat Kalbar pada umumnya.Sehubungan dengan dibangunya terminal barang internasional ini, Ia ingin menyampaikan tiga ekspektasi, pertama terkait dengan aspek teknis, aspek manajerial dan hubungan antara negara dan aspek ekonomi makro dan wilayah.

Dengan diresmikanya terminal barang internasional ini bisa membawa dampak peningkatan perekonomian masyarakat perbatasan dan Kalbar. Kedepan,terkait infrastruktur jalan khusus untuk terminal internasional barang yang belum dibangun, akan dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu. “Jalan khusus dari terminal sampai ke perbatasan sekitar 1 KM. Tahun 2019 ini mulai pembebasan lahan dulu, setelah itu lanjut  pembangunannya.(adm.Kabardaerah)

sanggausuperadmin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau.