Kadishub Sanggau Beserta Rombongan Hadiri Undangan Launching Pelabuhan Penyeberangan Sintete dan Sandar Perdana KMP.Bahtera Nusantara o1

Kadishub Sanggau Beserta Rombongan Hadiri Undangan Launching Pelabuhan Penyeberangan Sintete dan Sandar Perdana KMP.Bahtera Nusantara o1

Kapal roro ASDP KMP Bahtera Nusantara 01 resmi dioperasikan oleh Indonesia Ferry ASDP. Kapal tersebut akan menjadi satu-satunya kapal yang memiliki rute panjang dari Bintan, Tambelan, Natuna hingga Sintete, Kalimantan Barat.

General Manager Indonesia Ferry ASDP Cabang Batam, Arifuddin TS, mengatakan kapal roro berbobot raksasa ini dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini merupakan sebuah amanah yang diberikan kepadanya untuk segera dioperasikan.

“Kapal ini akan mulai beroperasi untuk rute perdana Tanjunguban-Matak. Kapal ini menjadi aset negara dan harus dijaga bersama,” ujarnya saat peresmian kapal tersebut di Mentigi Tanjunguban, Rabu (15/7/2020)

Dengan adanya kapal berkapasitas 1.500 Gross Tone (GT) yang memiliki panjang 71,92 meter, lebar 14 meter serta sarat kapal 3,28 meter itu diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat. Tentunya tetap dengan memperhatikan keamanan, keselamatan dan juga kebersihan.

“Jangan membawa bahan berbahaya, narkoba dan juga bahan peledak serta bahan-bahan yang dilarang Undang-Undang. Ini harus menjadi motor penggerak ekonomi agar merata,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kepri, Arif Fadillah mengatakan pihaknya berharap dengan beroperasinya kapal roro ini dapat menjadi magnet ekonomi dan pariwisata di Kepri. Kapal ini juga diharapkan dapat membuka keterisoliran wilayah Kepri yang 96 persen merupakan wilayah lautan.

“Ini harus membuat pembangunan, arus lalu lintas orang dan barang menjadi lebih baik. Membuat wilayah tertinggal menjadi maju,” katanya.

Pemprov Kepri juga telah membangun beberapa pelabuhan di Kepri selain di Tanjunguban. Pelabuhan ini nantinya akan menjadi penyambung transportasi laut yang dinilai lebih murah dibandingkan pesawat terbang.(Sumber copy Post by:batamnews.co.id)

sanggausuperadmin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau.